Behind The Scene 'PERJUANGAN CINTA YOYON'



Hai! Setelah sekian lama, hampir satu tahun gue gak bikin stop motion di YouTube, akhirnya gue dapet kesempatan untuk bikin video stop motion lagi! Seneng banget project stop motion gue kali ini disponsorin sama Bear Br*nd, jadi jangan heran kalo ditengah videonya ada selipan produk Bear Br*nd yaa! Bersyukur banget akhirnya ada yang sponsorin gue dalam pembuatan video ini, karena emang butuh modal uang yang banyak, modal tenaga yang super banyak, dan modal kreativitas yang super duper sangat banyak. Bersyukur juga ada tiga temen gue yang super duper sangat amat kreatif, karena biasanya kan gue bikin video stop motion berdua atau sendiri, kali ini dibantu mereka dan bangga banget! Ini pengalaman ter-unforgettable gue dalam pembuatan stop motion!

Gue ketemu Dorothy Kezia gara-gara dia suka bikin stop motion di Instagram yang keren banget, that's why i really wanna work with her. Kedua temen gue, Ayu Agustina dan Gisela Levy adalah temen sekelas jurusan DKV, mereka super kreatif dan nilai tugasnya selalu diatas 80-90, gue aja dapet 70 udah alhamdulillah banget dah. Stop motion itu tentang kesabaran, niat, dan always thinking positive, gue ngeliat mereka bertiga ini masuk ke kriteria stop motion partner yang gue cari, that's why gue beruntung sekalii ketemu mereka.

Hari pertama adalah konsep dan brainstorming. Kita rundingin untuk bikin Cut-Out Stop Motion Style (tipe stop motion yang gunain gambar digunting). Brainstorming bersama orang-orang kreatif itu seru parah, tiap orang pasti punya ide, dan kita harus mix semua itu menjadi sesuatu yang baru. Untungnya kita sangat open dengan ide yang ada dan gak ada yang keras kepala. Setelah udah bikin storyline, lalu bikin storyboard. Storyboard ini adalah panduan kita dari bikin properti hingga syuting.


PHOTOSHOOT
Pertama yang dilakukan adalah photoshoot untuk foto adegan Yoyon dan Friska. Lumayan ribet karena harus gerak seperti jalan kaki, nendang bola, duduk di sofa, wawancara di TV. Yang paling susah sih jalan kakinya karena gerakan jalan kaki ditempat itu ribet dan tetep harus terlihat jalan kaki beneran. Kamar gue langsung berubah jadi studio photo mendadak. Untuk photoshoot kita pake iPhone, karena kalo pake kamera SLR size nya terlalu gede, berhubung kita bakal cetak foto yang kecil, jadi gak perlu megapixel yang gede-gede banget.



NYETAK FOTO
Gue kaget ternyata kita harus nyetak 1200+ foto. Akhirnya gue ke FujiFilm, minta cetak ukuran 2R. Pas gue bilang ke mas-mas nya, mas nya kaget banget karena 1200+ foto, tapi akhirnya dia mau (yaiyalah harus mau, kan nanti dibayar). Biaya produksi video ini juga gede banget gara-gara foto ini. harga cetak 1 Foto Rp.1500, dikali 1200 foto, totalnya yaa.. bisa makan McD paket Panas 40 kali. Waktu copy file ke komputer, komputer mas-nya sampe nge-lag :)) Mas nya bete banget. Abis itu nunggunya lama banget karena komputernya emang lemot. Mas nya ketok-ketok meja, mukanya bete, sampe bisik ke temennya "It's too much!". Setelah dicetak gue super seneng banget dan kaget banget! gila! fotonya lebih tebel dari buku cetak Sosiologi gue! Lumayan panik juga sih soalnya gue harus gunting satu-per-satu, tapi gapapa, hasil yang bagus butuh usaha yang keras.

Ini komputernya sampe nge-lag pas lagi copy foto :))

Lebih tebel dari buku cetak Bahasa Indonesia gue

PROPERTI
Saatnya gunting satu per satuu! bener-bener butuh ketelitian karena ketebalan pinggir si Yoyon harus sama semua. Untuk background dan propertinya kita lebih banyak yang handmade, digambar dan dilukis supaya sesuai sama warna yang diinginkan. Kenapa kita lebih milih dilukis dibanding googling dan print? Supaya esensi handmade dalam video ini kerasa. Yang di print palingan cuma yang bagian keliling dunia. KAMAR GUE JADI SUPER BERSIH! YAY!




Kamar gue jadi berantakan banget!



Setelah selesai, seluruh properti dikelompokin biar gak bingung. 

Sebelum syuting, kamar harus udah rapih dulu biar syutingnya nyaman.

SHOOTING
Lokasi syutingnya dikamar gue, lebih tepatnya di meja belajar gue doang. Modal lighting pake lampu belajar, kamera SLR Canon 60D dan Tripod. Yang susah itu berdiriin foto Yoyon, kita pake lem yang kayak permen karet, kita sebutnya lem upil :)) Berhubung foto nya itu agak glossy, kita juga hati-hati soalnya kadang cahaya dari lampu mantul ke fotonya, jadi berdiriinnya harus perfect dan stabil







Jujur, ini juga video stop motion yang pembuatannya sangat lama. Dari jam 5 Sore sampai jam 10 Pagi keesokan harinya. Itu non-stop, bener-bener gak tidur dan tetep semangat. Entah kenapa ya, gue gak ngantuk, tapi gak sabaran video ini cepat kelar. Tapi keesokan harinya gue tepar parah, tidur berasa jadi hal yang sangat berharga. Paling susah itu pas bagian bikin keliling dunia, karena harus rapih dan properti lainnya harus diem, kalo gerak nanti jadi fail.

MUSIC
Untuk pertama kalinya gue ciptain lagu sendiri dengan suara gue yang pas-pasan gini. Ternyata seru juga, akhirnya ada pengalaman bikin lagu. Musiknya terinspirasi sama soundtracknya The Sims 3, adem dan inspiring, makanya kalian denger suara violin yang 'The Sims' banget! Musiknya gue bikin di applikasi "GarageBand for iPhone", jadi mainin musiknya pencet-pencet layar handphone deh. Untuk liriknya sumpah random banget sih, apalagi gue harus samain rima nya, belakang kalimatnya huruf vocalnya harus sama, semacam pantun.
Rekamannya didalem selimut biar suaranya lebih jernih :D


Ini video stop motion gue yang paling rumit dan paling berkonsep. Sangat terbayarkan saat baca komentar kalian, bener-bener seneng kalo kalian terhibur dan itu emang yang gue cari: Menghibur kalian lewat karya stop motion gue :D Kalo suka, share ke temen yang lain yaa! Dukungan dan saran sangat berarti buat gue! Thank you udah baca! :D kalo mau nonton fullnya, search Perjuangan Cinta Yoyon di www.youtube.com/aulionfilms ENJOY!




53 comments:

  1. selalu menikmati karya karya yang lo buat yon. keren paraahh.
    semua dibuat pake niat... dan passion. kreatif terus kita tunggu project selanjutnya{}

    btw, ketemu sama lo masuk dalem resolusi 2015 gue. tolong diwujudkan yaa.
    ps: gue suka sama model rambut lo sekarang hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Zunnun! thank you! see you this year! :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Salut sama perjuangannya dan hasilnya yang memang epic! Keep up the good work!

    ReplyDelete
  3. keren asli bang! ditunggu stop motion yg selanjutnya. jadi tertarik sma DKV :3

    ReplyDelete
  4. Gila kak yon! Aku ngitungin fotonya loh, kira-kira hampir 2 jetian lebih. Salut! Pake BANGET! aku aja yang baru kenal stop mo sama masih blajar ga kepikiran bikin project segede gitu 😂 terus berkaraya ya kak! You are my inspiration.

    ReplyDelete
  5. awesome!! btw, bikin vlog lagi dong kaya vlog boncabe itu yon :D ga bosen2 gue nonton itu yon xD love yaaa 💗💗💗

    ReplyDelete
  6. Semangat terus kak!!! Salut banget sama perjuangan lu. Ditunggu yaa karya2 selanjutnya ;;)

    ReplyDelete
  7. Gue salut liat Behind The Scene-nya dibanding videonya di Youtube
    MANTAP! yang gue ambil dari videonya "keinginan lu bakalan tercapai kalo ada niat, usaha, dan mau bekerja keras". bener gk?

    ReplyDelete
  8. Sabarr bangett..
    Pengen next time bisa bikin karya bareng wlo ntu entah kapan 😁😁

    ReplyDelete
  9. Nyetak 1.200 foto, di setiap foto harganya 1.500. Gue malah mikirin ke situ. Hahaha. Btw, gue udah nonton videonya, keren sumpah. Salah satu penikmat karya Yoyon nih gue. :))

    ReplyDelete
  10. Sekarang satu kelas tau yoyon tp cma iya aja responnya gk sefanatik aku keep creative yon 😍😍

    ReplyDelete
  11. Oh ya mau tau dong itu tripod jenis apa bs dpkek hp jg

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. GILAAA.. Sumpah niat banget lo kak buat ini stop motion!! Gue selalu nunggu project lo yang lainnya. ILYSM kak.
    Oh iya satu lagi!! Gue kasih liat nih video sama nyokap dan dia bilang "Anaknya kreatif, hebat, penuh inspirasi. Pasti orangtuanya bangga banget" Fix, nyokap gue aja jd fans sama lu kak. Top dah

    ReplyDelete
  14. Sumpah gak salah lagi gue ngefans sama lo yon !! Lo kreatif benerrrr !!
    Ini KEREN BANGET GILA PARAH !!
    Dan ini mah namanya niat bener lu ngerjain stop motion nya .
    Terus berkarya yon , gue tunggu video2 lu selanjutnya !!

    ReplyDelete
  15. Sumpah terharu banget baca bts ini. Bener-bener terharu. Perjuangan yg gak ada habisnya. Semua karya-karya bang yon keren, gue suka, dan pasti bikin orang terhibur.

    Jaga kesehatan bang, biar gak sakit dan setiap ada project berjalan lancar. Terus berkarya!! Ditunggu karya-karya berikutnya :"""D #iADOREyouAULION

    ReplyDelete
  16. Aku salut sama semua orang yang terlibat d dlm pembuatan video itu... Karna semuanya bener.bener niat dan total...
    Gue suka sma semua org yg.terlibat
    And i wanna meet you Aulion this year mr. Stop motion

    ReplyDelete
  17. daebak kak yon..ga bosen ngulang2 mulu. malemnya aku mimpiin video itu, tapi sebagai video terlarang gtu. jadi di mimpi aku nontonnya diem2 di pojokan kota. tiba2 ada ujung pistol di kepala, ternyata polisi! kata mereka harus punya kartu aulionism dulu untuk izin nonton video. ha-ha freak bngt mimpinya :v
    Semangat terus kak yon! kreatif sampe mati~

    ReplyDelete
  18. gila gila yang gue salut dari lo satu sih yon, konsisten. keep creating stop motion videos yah. emang komen gue pasti sama dengan komen kebanyakan orang sih pas liat videonya "SUMPAH NIAT ABIS!!!" hahaha keren keren

    ReplyDelete
  19. sangarrr aku ikut subsie sinematografi di skolah jd bisa ikut bayangin gmn susahnya! smangat trsss bangggg!! #janganlupabikinlagi

    ReplyDelete
  20. Hai yon, salam kenal. Gue juga suka bikin video2 stop mo. Trus juga gue punya temen mirriiipp banget sama lo, dia stand up comedian di SMA gue. Gue ada request nih, kapan2 bikin dong yon video lo lagi stand up :D
    tetep kreatif ya yon!

    ReplyDelete
  21. elu bener-bener salah satu orang yang menginspirasi ane untuk berkreasi dan berkarya (y)
    thanks banget dah udah sharing

    ReplyDelete
  22. keren parahhhh. bisa ngebayangi gimana pundak linu sama liur yg bececeran pas guntingin fotonya satu satu
    saluuuttttt! inspiring banget kaaaaak!
    semangat terus yaaaa, terus berkarya dan bagi ilmu. semoga bisa bikin project bareng jugaa ehehe. awesome!

    ReplyDelete
  23. KEREN PARAH!!! salah satu anak muda yg bisa dijadiin inspirasi nih. keep creative and terus berkarya bang :)

    ReplyDelete
  24. Agak telat sih baru nonton video lo cuman sblmnya gue udah tau kok lo mau bikin nih project, wah hasilnya super banget deh! btw gue bikin stop motion juga awalnya krn tertarik liat video lo dan dgn kemampuan otodidak gue, gue bisa bi kin meski cuman 15 detik krn lumayan capek sih emang. Pokoknya salute buat lo!

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. KEREEN YON !
    Udah kaya cerita inspirasi haha
    Kalo lu punya ide ya sampein terus lu praktekin dengan ilmu yg lu punya dan terus lu kerjain sampe akhir secape apapun !
    Kereeen aaah pokoknya !
    Terus buat video yg bikin kita ngomong 'kereen sumpah!' Yaaa yoon ,secape apapun lu :D ahaha

    ReplyDelete
  27. Asli niat banget.
    Udah liat hasilnya dan 'wow' mulut gua bentuk huruf 'o' terus gitu.
    berasa bgt gitu, susah dijelaskan wkwk.
    lanjutkan perjuangan!

    ReplyDelete
  28. wahh kak gue baru liat postingan lo ini . sumpah lo keren banget kak usaha lo itu loh... tapi usahanya gak siasia karna hasilnya keren bangettt ^_^

    ReplyDelete
  29. kak, keren bangettttt kaaaakk suerrr..
    salam kenal dari Jember :D
    daebakk bangettt.. kreatiiifffff
    uh senengny malem ini stalking smuaaaaa socmed ka aulion.
    btw propertinya diapain ka? dbuang?
    jgn dong kaaa, kasih ak ajja :D
    lucu2 fotony ka aulion sm ka kezia :D

    ReplyDelete
  30. Gilak keren banget videonya bro! Gw tau banget gimana ribetnya pas bikin tapi semua terbayar dengan hasilnya, puas n seneng!!
    Btw, boleh dong gw promosi video gw hehe.. Ya siapa tau lu mau jadi guru gw.
    Cekidot ya http://youtu.be/m37s9dVpiws
    Thanks bro!

    ReplyDelete
  31. Sumpah stopmotionnya keren abis baang, pas liat diyutup langsung mikir itu pasti ribet jutaan foto dan kamar jd kek kapal pecah, dan ternyata bener haha
    Tp sumpah itu awesomeee!!! jadi pengen bikin :-D ajarin ye bang wkwk

    ReplyDelete
  32. Aaiiihhh keren banget.....itu bukan iseng kan? hahah soalnya keren bangett salut dahh sama stop motionnya

    ReplyDelete
  33. Yon, ini asli ya keren banget dan niat banget! 1200 foto.....udah gak paham lagi, bener-bener effort nya luar biasa banget.
    asik banget sekarang lo uda ada blog. hehe. soalnya dulu cuma nonton video2 stop motion lo di youtube terus ga ada info apa-apa. kemaren baru nemu video-video lo lagi di instagram dan baru tahu punya blog. seru bgt bisa sharing soal BTS kayak gini juga. keep up the good work aulion! very inspiring!

    ps. info gak penting, gua punya sweater yg sama kayak friska pake haha.

    ReplyDelete
  34. buat fotnya aja keluarin +1.800.000 Salut Aulion dkk

    ReplyDelete
  35. ka aulion stopmotion nya bikin terinspirasi buat kita banget bikin film profil ga bagus sih masih rancu :')))) tar kita kasih link ya soalnya masih dalam peroses

    ReplyDelete
  36. Ya ampuun telaten n sabar banget pastinya ngumpulin foto, gunting, dll salut deh kreatif bingits dah

    ReplyDelete
  37. Suka banget deh sama ide kreatif kek gini :)

    ReplyDelete
  38. cuma bisa bilang gilaaaaa paraaaah >.<

    ReplyDelete
  39. suka bang sama stop motion nya nyampe gua ulang 5x
    kerenn parahh sumpahh

    ReplyDelete
  40. Sumpah, kece banget stop motionnya. Cuma bisa bilang salut sama Kak Yoyon dan timnya

    ReplyDelete
  41. kereeenn yon, hahaha komputer mas nya sampe nge-lag, itu aja baru pake kamera iphone, gimana kalo pake kamera SLR, ntar bisa meledak komputernya. saluut, bisa se-sabar itu guntingin 1200 foto. joss kereennn

    ReplyDelete
  42. ah gilak yon lo tuh inspirasi gue banget deh. Gue udh liat video stop motion perjuangan cinta yoyon udah lama banget tapi baru sempet baca cerita perjuangan lo bikin ini sumpah gue salut sama lo yon. terus berkarya ya yon..gue tunggu karya karya yo yg lainnya :D

    ReplyDelete
  43. udah kronis bangett kreatifnya bang yoyon :)

    ReplyDelete
  44. kereen banget sihhh.. pertama kali liat video2nya di instagram,, terus di youtube dan WOW AMAZING banget! bener yaa hasil yg bagus butuh perjuangan yg bagus jga.. ampe nyetak foto seribuan lebih gitu.. hahha
    #KEEPCREATIVE yon!

    ReplyDelete
  45. tripod kamera bisa dibuat jadi tripod hp gimana caranya tuh ??? penasaran ..

    ReplyDelete
  46. salut deh gw yon! perjuangan gw bikin stop motion belum ada apa-apanya daripada stop motion lo.

    ReplyDelete
  47. Duh perjuangan banget tapi terbayar sama hasilnya btw gue suka nonton ini hahhha

    ReplyDelete
  48. Memang sesuatu yang Bagus dan detail itu butuh perjuangan yang lebih ya bang....

    Semangat berkarya selalu kak aulion..

    Jangan patah semangat..

    Kami para aulionism selalu menanti karya2 mu..

    #walaupun saya nggak jadi aulionism yang aktif 😢😢😢

    ReplyDelete

Thank you temen-temen udah baca! Sekarang giliran kamu untuk komen, promosi blog, atau bahkan sharing pengalaman! inget, komennya yang sopan ya :D

 

.

.

.

.

.

.

// ASK // PROJECT// BUSINESS INQUIRIES

Name

Email *

Message *