DARI JERMAN MENDADAK KE PARIS


2014 lalu, gue masih tinggal di Jerman karena masih studi disana. Waktu itu masih pada tahap sibuk banyak tugas. Tiba-tiba dapet kabar kalo sodara gue mau ke Jerman, Afaf namanya. Weekend-nya dia bakal dateng ke Jerman dan stay tiga hari doang. Langsung gue hubungin temen gue namanya Maruf (dia tinggal di Jerman juga) untuk ikut welcoming Afaf. Kita bertiga (Gue, Maruf dan Afaf) ini deket banget dari kelas 1 SMP, mereka setia banget kalo bantuin dan nemenin gue bikin video. Gue masih gak percaya kalo kita bertiga akhirnya dipertemukan kembali di Jerman.


Afaf dateng ke Jerman hari Jumat dan dia bakal balik hari Minggu. Jadi kita memutuskan untuk full-trip hari Sabtu. Akhirnya kita ke Berlin naik kereta. Kereta di Jerman ini kalo weekend murah banget, 44 Euro (Rp.700.000) untuk 5 Orang dan bisa keliling Jerman seharian, bener-bener keliling Jerman kemanapun kita suka. Orang di Jerman sangat menghargai hari libur & menikmati waktu istirahat, jadinya kalo weekend harga kereta banyak penawaran murahnya. Kebayang gak sih, kelilingin satu negara dengan patungan Rp.140.000 bareng 4 temen, murah banget kan. Tapi dikarenakan tiket itu cuma berlaku 24 Jam dan kalo pindah-pindah kota, bisa memakan waktu perjalanan, akhirnya kita memilih full day di Berlin. 


Hal pertama kali pas baru sampe di Berlin adalah.. foto di stasiun 'Berlin Hauptbahnhof'. Soalnya ini stasiun gede banget, bener-bener gede, udah kayak Mall, tapi sedih karena gak ada yang jual Boncabe (#YailahYon). Meskipun gede banget, kita masih bisa jangkau dan gak bikin bingung. Abis foto sama stasiun, kita langsung ke tempat wisata yang terkenal banget di Berlin yaitu Brandenburgertor, Tembok Berlin, Sony Centre dan Fernsehturm Berlin. Ada tips nih biar bisa keliling Berlin naik bis yang murah: Jangan naik bis turis! Naik bis kota biasa aja karena bisa irit 3 euro. Lumayan kan 3 Euro buat beli Boncabe 8 Biji. 


Hari Minggu pun tiba, Goodbye Afaf. Dia harus ke Paris untuk melanjutkan tripnya. Afaf ini traveller banget, lho. Dia sering pergi keluar negeri sendiri. Jadi gak heran kalo di Instagramnya isinya foto-foto lagi jalan-jalan sendirian. Setelah gue nganter Afaf ke bandara, gue balik kerumah, baru sadar kalo 3 hari kedepan gue gak ada kelas alias libur. Gue langsung cari tiket pesawat ke Paris. Harganya mahal karena gue belinya mendadak. Gue pesen tiket 10 Jam sebelum keberangkatan, jadi pas udah pesen tiket, gue langsung siap-siap koper dan hubungin Afaf. Dia juga gak nyangka gue bakal ke Paris dengan waktu yang sangat mendadak ini. Sebelum ke Paris, gue juga belom merancang perjalanan, yang penting gue liat Monas-nya Paris dulu (Eiffle tower maksudnya...). Intinya semua serba mendadak dan gue bahkan gak tau nanti disana ngapain aja selain liat Monas. Afaf Udah siap di Bandara dan gue udah di pesawat. Perjalanan cuma 2 Jam. Gue pun kaget liat afaf nunggu dipintu keluar bandara, kaget karena gue gak nyangka kalo gue beneran ke Paris. Afaf punya sepupu di Jerman, jadi kita gak khawatir untuk tidur dimana. 

Gue salah satu traveller yang lebih suka pemandangan alam daripada gedung-gedung mewah. Oleh karena itu, Swiss adalah salah satu kota yang pengen banget gue kunjungi. Swiss diurutan pertama, Paris diurutan sepuluh kayaknya, maksudnya gak pengen-pengen banget. Tapi.. setelah gue masuk ke kota Paris dan liat ukiran-ukiran gedung yang sumpah cantik banget! Akhirnya gue meletakan paris di posisi kedua setelah Swiss. Gue gak pernah setakjub ini liat gedung-gedung yang penuh karya seni kayak gini. Pas gue liat Monas dari kejauhan, gue kaget banget: "Is this real life??"


Gue dan Afaf pengen ke tempat anti-mainstream di Paris, dan tentunya kita gak mau foto-foto turis yang gaya nya mainstream. Akhirnya kita ke Cité des Sciences et de l'Industrie, itu semacam science centre. Lokasinya agak jauh dan bukan tujuan favourite turis, tapi menurut gue keren banget untuk foto-foto. Tapi disini gak lama, cuma 30 menit, soalnya nothing much to do.



Paris terkenal juga dengan museum seni nya, tapi berhubung gue dan Afaf bukan anak museum, jadi kita gak masuk museum melainkan keliling dan foto disekitar museum. Ada beberapa faktor juga yang bikin kita males masuk ke museumnya: Mahal dan ngantri panjang (banget!)


Gue dan Afaf memilih untuk keliling Paris menggunakan Bis turis yang namanya: L'OpenTour. Jadi Bis ini ke tempat atraksi yang ada di Paris semacam museum dan tempat penting lainnya. Sebenernya termasuk mahal tapi worth it, kita bayar 36 Euro untuk 2 Hari full keliling kota Paris. Bis itu keliling ke semua atraksi yang ada. Bis nya juga seru, bisa duduk di outdoor atas. Tapi waktu itu suhu nya kurang lebih 18 Derajat dan anginnya lumayan kenceng, jadi kita selfie sambil pose menahan dingin. Info tentang Tour Bus: http://www.paris.opentour.com/



Ini waktu lagi di Monas, berhubung gue bosen ngeliat turis foto sambil nyubit puncak menara Eiffle, akhirnya selfie begini aja deh. Menurut gue, menara Eiffle itu indah saat kita melihat menara Eiffle, bukan saat kita naik keatas Eiffle. Soalnya kalo keatas menara Eiffle, yang lo liat cuma gedung-gedung doang.




Lalu kita ke Sacré-Cœur, ini adalah gereja katolik yang letaknya di bukit tertinggi Paris. Jadi kalo kita kesana, kita bakal ngeliat seluruh kota Paris. Semua tergantung cuaca, kalo lagi musim panas pasti bagus banget dan seluruh kota keliatan. Sayangnya waktu itu cuacanya dingin dan lumayan tertutup kabut, tapi tetep indah. Menurut gue, tempat ini adalah tempat ter-romantis di Paris, kalopun gue bawa calon partner hidup gue, bakalan gue lamar dia diatas sini, digentengnya gereja Sacré-Cœur #YailahYon. Gue masuk ke gereja ini, gak gede-gede amat, indah dan nyaman banget buat yang pengen beribadah disini. Gue dan Afaf duduk di kursi, agak awkward juga sih ternyata kanan kiri kita lagi pada doa, tapi kita cuman celingak-celinguk gak tau harus ngapain. Kita cuma denger suara nyanyian gereja dan doa-doa. Akhirnya kita memutuskan untuk pulang. Tapi pas kita berdiri dari tempat duduk, semua orang yang duduk pun berdiri untuk berdoa, gila, gue sama Afaf udah panik, kayaknya gak sopan kalo keluar, akhirnya kita ikut nunduk, pura-pura lagi doa. Ini momen terkonyol kita di Paris.

 

Malamnya gue makan di salah satu restaurant yang spesialis nyediain kerang (mussel). Cara makannya juga asik dan anti-mainstream: capitan kerangnya digunain untuk ngambil daging kerang, jadi gak perlu ribet pake garpu. Rasanya super enak, asinnya pas, gue kira di Paris makanannya agak tasteless, ternyata yang gue pesen ini rasanya berbumbu gurih banget, kalo ke Paris lagi, gue harus makan ini lagi sih. Setelah makan disitu, gue ke pinggiran menara Eiffle, banyak jajanan disana dan lumayan mahal. Disitu kita pesen Crepes & Waffle Nutella (yang kayak di tumblr-tumblr), ternyata rasanya.... biasa aja. Bener-bener biasa aja. Cuman laper mata doang itu sih, bikin dirumah juga bisa. Tampilannya emang menggiurkan banget, cuman terlalu mahal dengan rasa yang biasa aja.



 




Gue dapet pesawat balik ke Jerman pagi-pagi, menghirup udara pagi hari di Paris adalah kenikmatan terakhir untuk menikmati kota Paris, dan gue bener-bener kangen. Saat ini gue lagi ngetik tulisan ini di Jakarta dan kadang-kadang merinding, selalu timbul pertanyaan: "Kapan ya ke Paris lagi?". Kenapa gue nekat banget ke Paris secara mendadak? Sebelum berangkat ke Paris, gue tanya ke diri gue sendiri: "Kapan lagi lo ke Paris sama orang terdekat lo? Mumpung lo lagi di Eropa, kenapa gak nyebrang ke Paris? Lo hidup cuma sekali, dan kesempatan belum tentu datang dua kali. remember that You Only Live Once (YOLO)". Saat itu gue nekat. Terkadang ke-nekat-an itu jadi hal yang super memorable :)


33 comments:

  1. yuk ca kesini lagi, kita euro trip! haha

    ReplyDelete
  2. Keren bang! Jadi pengen jalan-jalan ke luar negeri.

    ReplyDelete
  3. Huaaaa jadi pingin. Suatu saat saya pasti bisa kesana. Jelajahi eropaaaa!! Amiinn.. Lupyu to the moon deh kak :*

    ReplyDelete
  4. #yailah bang yon liburan ke eropa sempet aja kepikiran boncabe :D
    seru menrik liburannya ya :) so next time gua pengen bang yon KITA ke mekkah aamiin ya :)

    ReplyDelete
  5. Haha, asli perjalanan bang yoyon anti-mainstream banget haha.

    ReplyDelete
  6. Besok-besok bawa boncabe ke Paris, bang. Hahaha.

    ReplyDelete
  7. Gue agak kudet baru tau lo studi di paris. Kuliah bukan kak yon? Aku ubek isi blogmu deh, kali aja ada jawaban😂

    ReplyDelete
  8. YOLO bgt! Suka! Aku jg suka mikir kaya gitu.
    Waktu aku ke tempat sodara di KL, hari terakhir di sana,ditantangin main bowling. Demi apa, aku ga prnah maen boling. Awalnya aku ga mau. Tp krn itu hr terakhir di sana, bareng sodara pula, kenapa enggak? Kapan lg main boling bareng mereka? Cause YOLO!
    *jadi curhat* hehehe ✌
    Btw, ajak aku ke swiss!! :)))

    ReplyDelete
  9. Aaa.... Jadi pengen jalan jalan ke sana.. ^0^

    ReplyDelete
  10. Aulion Wirizqi gue kagum sama lo yang mau luangin waktu buat share. Sukses trs ya yon😎

    ReplyDelete
  11. Keren x!!! 😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😜😝😝

    ReplyDelete
  12. Pertanyaannya : giliran gua kapan?

    ReplyDelete
  13. Gue juga pernah ngelakuin trip yang modalnya nekat dan mendadak meskipun perjalanannya masih di pulau jawa yaitu kota Malang cuma karena penasaran mau liat sunrise dari puncak bromo terus mau liat kawah bromo meskipun ternyata kawahnya gtu aja. Tapi perjalanan nya seru banget..

    ReplyDelete
  14. Sumpah pengen jadi kak afaf. Bisa travelling sekitar indonesia kalo sama bang yoyon aje udah seneng na'uzubillah.... apa lagi paris□

    ReplyDelete
  15. bang bisa minta link yg video timelapse di stasiun kereta paris ? udh nyari nyari ga ketemu2.

    ReplyDelete
  16. Hai hai halo halo
    Bpk Aulion #yaelahmalahmnggilBpk
    Mau nmpng tnya saja. Sbnrnya kuliahnya d Jerman atau d UMN atau 22nya
    Trims,arigato,kamsamnida,xiexie,tengkyu

    ReplyDelete
  17. bisa sih nekat, tar di paris tinggal petik duit dari pohon:')

    ReplyDelete
  18. #Yaelah.kapan.gue .yang.giliran.ke.sana :/

    ReplyDelete
  19. Wihhhh jadi pengen selfie dengan view menara Eiffel :((

    ReplyDelete
  20. Keliling kampung sama bang yoyon aja dah udh seneng banget gua.... ini paris....

    ReplyDelete
  21. kata" bang yoyon yang gw kutip "You Only Live Once" 'Terkadang ke-nekat-an itu jadi hal yang super memorable"

    lanjutkan karyamu bang :D

    ReplyDelete
  22. yon, lo dulu ke paris dari berlin oder?
    trus abis berapa duit kalo pesawat kesana?
    gue juga mau coba ke paris, kalo engga dari leipzig ya dari berlin, tapi mungkin naek kereta aja biar murah.

    ReplyDelete
  23. Paris :D Kota Impian aku.. keren bang :D pngen ke paris :(

    ReplyDelete
  24. Paris :D Kota Impian aku.. keren bang :D pngen ke paris :(

    ReplyDelete
  25. keren foto - fotonya,,,, wah keren yaw di Jerman menghargai hari libur apa - apa kendaraannya murah,,, lah kalau Indonesia malah bisa - bisa mengambil kesempatan naikin harga. Keren - keren ketemu teman lama di Jerman, mantabe' :-)

    ReplyDelete
  26. "akhirnya kita ikut nunduk pura pura lagi doa" what the heck �� keren yon, lu respect bgt gitu ��

    ReplyDelete
  27. TERIMA JASA TOUR GUIDE PARIS

    Cocok untuk yang ingin menghemat waktu & tidak tahu kota paris

    KEUNTUNGAN :
    1. Menghemat waktu dari pada harus mencari lokasi/ takut nyasara
    2. Biaya terjangkau/ bias nego
    3. Waktu fleksibel ( hubungin terlebih dahulu )
    4. Tour guide bisa berbicara Bahasa Indonesia dan Prancis
    5. Free antar jemput ke bandara CDG Paris

    Syarat & ketentuan :
    • Transport di tanggung masing2 peserta ( mobil ataupun transport umum )
    • Makan Tour guide di Tanggung peserta

    CP:
    WA : +33771174763
    Email : gratiaatanka@ymail.com

    ReplyDelete

Thank you temen-temen udah baca! Sekarang giliran kamu untuk komen, promosi blog, atau bahkan sharing pengalaman! inget, komennya yang sopan ya :D

 

.

.

.

.

.

.

// ASK // PROJECT// BUSINESS INQUIRIES

Name

Email *

Message *