CARA BIKIN VIDEO TAHUNAN YANG BERKENANG


Cuplikan dari film "Catatan Akhir Sekolah" yang inspiring banget untuk bikin video tahunan!

TIGA TAHUN, COY! TIGA TAHUN!
udah 3 tahun bareng-bareng, udah 3 tahun seru-seruan bareng, udah 3 tahun rusuh dikelas bareng bareng, udah 3 tahun nyontek bareng-bareng. Saatnya lo kasih hadiah buat mereka, buat angkatan lo, buat sahabat lo yang udah 3 tahun kerja keras untuk lulus UN bareng-bareng! ga perlu uang ko, cuma butuh MOMENT! hadiah berupa Film kenangan itu hal yang bener-bener bisa dikenang daripada Buku tahunan. Emang sih Buku Tahunan lebih detail mengenai info per-orang, tapi Video Tahunan jauh lebih mengesankan dan bikin terharu! mau tau cara buatnya?

Disini, gue bakal ngasih tau cara bikin film dokumenter tentang masa-masa SMP/SMA untuk angkatan kalian. Sebelum mulai, Plissss jangan pesimis dulu, jangan nge-down duluan kalo belom ngerti ngedit video, belom ngerti konsep yang bagus, dan belom ngerti untuk mulai. Gue bakal ngasih tau step step jitu untuk buat Video Tahunan.

Nah, ini nih langkah-langkahnya:

SATU, BIKIN KONSEP! 
Lo harus tau dulu filmnya untuk siapa (untuk sebagian sahabat kalian, atau seluruh makhluk hidup di angkatan kalian). Kalo untuk sebagian doang, berarti lo perlu rekam momen-momen sahabat lo aja. Tapi kalo untuk satu angkatan, lo harus liput seluruh aspek sekolah, mulai dari ujung rambut guru sampe ujung jempol penjual di kantin. Kalian bikin rencana dulu. Ambil kertas dan pulpen, catet momen apa yang harus direkam yang menurut lo "Wah, itu jaman SMA banget!" misalnya kayak nyontek, makan di kelas, guru lagi marah, atau yang lagi pacaran disekolah. TIPS: Diawal video dibuat sekocak dan sesenang mungkin, diakhir video dibikin sesedih mungkin!

DUA, SIAPIN ALAT TEMPUR! 
maksud gue alat untuk berjalannya film ini. kayak handycam, kamera SLR, kamera pocket,sampe kamera HP. apapun media nya yg penting lo dapet momen tersebut kan? dan yang terakhir adalah komputer dengan software edit video, bisa pake "Windows movie maker", "iMovie" atau "Corel video studio", bebas, yang penting lo bisa edit video.  TIPS: Gak cuma data video aja kok, foto-foto lucu juga bisa dimasukin kedalam video.

TIGA, REKAM! 
jeng jeeeng, disini lah lo berjuang. lo harus shoot aksi aksi nakal mereka, momen konyol mereka, dan ucapan ucapan seru dari mereka. Disini lo bebas mau ngerekam apa aja yang kaya tadi gue bilang "Wah, itu jaman SMA banget!". lo bisa ngerekam mereka lagi nyontek, lagi jajan, lagi makan dikelas, lagi pacaran dikelas, lagi nonton film dewasa di pojokan, lagi ngelakuin hal konyol lainnya. Dan pastikan, hati hati kalo lagi ngerekam guru lagi ngajar, kalo kameranya diambil kan jadi ga seru.  TIPS: disini lo ga bisa kerja sendirian, ajak satu atau dua perwakilan tiap kelas untuk shoot video kesehariannya masing-masing kelas.

EMPAT, EDIT DIT DIT. 
Untuk film yang modelnya kaya gini, ngeditnya yang simple aja. cukup sambung-sambungin video dan tambah musik, foto-foto juga boleh. ga ngerti cara ngeditnya? belajar dari youtube aja, banyak loh tutorial yang gratis, tinggal search "How to edit video with Windows Movie Maker basic" (contoh). Pilih adegan yang jelas, kalo kameranya gerak-gerak/shaky jangan dimasukin karena bikin pusing dan buang waktu. Dan kalian harus pilih lagu yang tepat, rundingin ini sama temen-temen! TIPS: Ngeditnya tiap minggu aja biar gak keteteran di akhir masa pelajaran, tapi jangan sampe ga fokus sama pelajaran loh ya! lulus nomor satu!

TERAKHIR, DELETE VIDEONYA
eh, maksudnya share ke temen terdekat, tanya kritik dan masukannya, apa yang harus diganti dan ditambahin. Kalo udah bagus, sharing hasil videonya ke seluruh temen kalian. Kalo perlu, tampilin videonya di acara Prom Night atau pas Wisuda. Atau bisa juga kalian bikin DVD dan sebarin ke temen kalian. Dan kalo bisa di upload di youtube (buat jaga-jaga kalo videonya hilang). tapi lebih disarankan utk nonton rame-rame, seru buat ketawa bareng sambil mengenang masa-masa indah selama 3 tahun bareng. TIPS: Bisa loh dibikin DVD dan dijual ketemen :b lumayan kan dapet jajan.


Nah, ini nih tips-tips jitu lainnya!
  • Bikin team! jangan capek sendiri, lagipula temen kalian pasti support abis-abisan untuk project yang seru kayak gini.
  • Bawa Handycam/Kamera tiap hari kesekolah, supaya lo ga melewatkan aksi-aksi seru/konyol dikelas.
  • Jaga baik baik handycam lo, jangan sampe ada yang nyuri, kalo bisa, bawa kemanapun lo pergi.
  • Rekamnya jangan kebanyakan gerak, biar liatnya ga pusing, nanti malah jadi ga seru kalo hasilnya ga jelas.
  • Lebih rapih kalo cuplikannya dikelompokin. misalnya bagian "rame dikelas" itu isinya yg seru-seruan dikelas, bagian "nakal" itu isinya yg nyontek dll, bagian "guru" tentang guru ngajar atau murid lagi rusuh pas guru ngajar, supaya ga bingung saat ngedit.
  • Wawancara ke setiap kelas, perwakilan aja (3 anak per kelas), tanyain "momen seru selama SMA apa?", "yang bikin kangen sama temen apa?", "pesan dan kesan selama di SMA apa?" yaaa seperti gitu lah.
  • Jangan egois. Jangan ngerekam sahabat yang deket doang, temen-temen yang lain atau kelas lain juga pasti ga kalah seru ko.
  • Tambahin quotes-quotes tentang temen dibeberapa bagian (biar sedih gitu)
  • Masukin lagu yang fun dan sesuai dengan cuplikannya. ga lucu dong adegan guru lagi marah tapi backsoundnya lagu What makes you beautiful-nya One Direction? (kalo buat lucu-lucuan gapapa juga siih)

Rekomendasi dari gue!

Momen yang direkam = Nyontek, Makan diem diem pas guru lagi ngajar, Tidur pas pelajaran, Sekelas nyanyi bareng-bareng, Guru lagi marah-marah, Pacaran dipojokan kelas, Nyalin tugas ato PR, maen hp pas pelajaran, suasana kantin yang ramai, suasana ruang guru, suasana baru bel dan pada buru-buru ke kelas, ketawa rame-rame, upacara, surprise guru ulang tahun, dan lain lain.

Wawancara temen/guru = Pengalaman serunya apa, tempat paling enak dimana, makanan kantin paling laku yg mana, pelajaran paling susah apa, guru paling killer siapa, kesan dan pesannya apa, apa yang bikin sedih selama SMA, hal hal lucu yang dilakuin guru apa aja, momen tak terlupakan apa, waktu mos diapain aja, cara nyontek paling seru gimana, hal terkonyol gimana, protes tentang apapun, atau siapa yang tercantik/terganteng disekolah. masih banyak lagi.

Lagu yang cocok = Sheila on 7 - Sahabat sejati, Sebuah kisah klasik, Temani aku. Sherina - Menikmati hari, Jagoan, Anak mami. MCfly - You've got a friend. Mocca - I Remember. Melly goeslaw - Memang enak, The Rembrandts - I'll be there for you. Vitamin C - Graduation. Dido - Thank you. High School Musical - we're all in this together. Randy Newman - you've got a friend in me. Ipang - Sahabat kecil, Ada yang hilang. Cash Cash - Break out. Nidji - Laskar pelangi. Cobra starship - Guilty pleasure.l;'

Gue juga pernah bikin video tahunan SMP, tahun 2009, udah lama banget sih. Tapi yuk diliat!


Tunggu apa lagi?
 
buruan bikin dan share!!

52 comments:

  1. Bakal aku terapin saran2nya! Biar momen2 SMA dikenang terus,dan video kenangan bakal amazing! Thanks bang Aulion!:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamin tembus

      Delete
  2. gue udah bikin tahun lalu. mau liat?? guru gue liat dan minta diapus videonya. tp sama gue, ga gue hapus :p http://www.youtube.com/watch?v=U5Z2nWMpY2k&feature=youtu.be

    ReplyDelete
  3. kak biasanya kalo ngedit video dimana? terus biasanya berapa lama? hahaha daridulu pgn banget ngedit video :(

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. kemarin temen udah ada yang buat bang :') kenangan selalu ada emang, cuma gimana cara ngerekamnya aja supaya keinget terus :')
    http://www.youtube.com/watch?v=FxTD29Yg5x4

    ReplyDelete
  6. Jadi dosen movie maker aku lah yon :( aku dari dulu pengen bikin video tp alat perang ga lengkap fail bgt.

    ReplyDelete
  7. Jadi deg deg radak maju apa mundur
    Udah pernah bikin tp #FAILL karna semua itu dadakan
    Apa harus maju gak sih yon?

    ReplyDelete
  8. Mau bikin mumpung masih kls 1 SMA.tapi tkt gajadi dan gak di support sama yg lainn hahaha

    ReplyDelete
  9. Yon di kelas gue dikasih cctv, trus ngerekamnya gimana? Atau izin sama guru dulu? Saran plissss

    ReplyDelete
  10. kak, aku udah kelas 9 tapi kalo mbikinnya tentang waktu aku kelas 8 gimana? soalnya itu banyak banget kenangannya!!!

    ReplyDelete
  11. ka kalau edit biasanya pake software apa?

    ReplyDelete
  12. bang baiknya kalo bikin video taunan durasinya berapa menit?

    ReplyDelete
  13. keren bro, manfaat bgt tipsnya, udh lumayan film yg gw buat yg terinspirasi dr aulion, mau dong msk tim aulion hehe

    ReplyDelete
  14. SEDIH BARU BACA PAS UDAH LULUS

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. KEPENGEN! tapi ngeditnya pake apa tuh kak? aku pernah ngedit pake windows movie maker, tapi ya.. mungkin udah tau, sulit, macet-macetan, ampun deh fail jadinya. Dan, terrrrrima kasih banyak udah share kak! jadi bergairah lagi bikin momen keren fantastis lovely! KEEP THE GOOD WORK!!

    ReplyDelete
  17. Kak, aplikasi buat videonya yang paling keren itu apa ya?

    ReplyDelete
  18. seneng deh kak yon ngga segan2nya nge-share ilmu. kalo nge-liat video2 behind the scene kak yon pas masih SMA, kayak 'maju seribu langkah' ngerasanya moment2 kayak gtu ga bisa dilupain ya? Semoga moment kuliahnya lebih seru lagi, mr. moment saver :D

    ReplyDelete
  19. Makasih sarannya, dicoba utk video kuliahan selama 4 tahun ini, tapi sayang baru kepikiran saat semester 7 :D

    ReplyDelete
  20. ka,kalo buat opening bagusnya dimulai darimana ? bantu kak,bingung-_-

    ReplyDelete
  21. makasii bang tips nya guna bnget (y) cuman tinggal belajar buat editing video nya nii :D

    ReplyDelete
  22. makasih tipsnya bang yoyon. bang mau nanya aku kan mau buat film pendek gitu bagusnya pakai camrecorder atau slr/dslr? mohon bantuanya bang yoyon makasih

    ReplyDelete
  23. kak share tips buat video stop motion yang keren

    ReplyDelete
  24. kasih tips yang munculin nama perorangan dong yon. aku pernah bikin itu jadinya kasar banget, ga rapi :(

    ReplyDelete
  25. terimakasih informasinya :)
    http://goo.gl/AGpX1y

    ReplyDelete
  26. thx banget ka,bakal gue terapin

    ReplyDelete
  27. https://www.youtube.com/watch?v=XKeB1GJvZ2A

    yonnnnn, ini video angkatan gueee. emang pake eo sih tapi secara konsep dan video2 flashback di video ini gue yang buatttt, nanti secepetnya gue bikin video flashbacknya deh.
    sebelumnya gue belom baca post lo yang ini tapi ternyata hampir semua gue lakuin, Yon! hehehe.

    ReplyDelete
  28. hay gaes siapa tau ada yang pengen bikin film tahunan/year movie/catatan-akhir sekolah. kalian penuh dengan kendala waktu, peralatan, konsep dll gw punya rekomendasi perusahaan yang spesialist dibidang audio visual Ini contoh film angkatan gw, ( https://www.youtube.com/watch?v=qsZMl72-3fs ) gw buat ini film dibantu sama team industry creative profesional, namanya emkavi corporation. kebetulan gw ambil paket editing aja. jadi yang ambil gambar sepenuhnya gw sama temen temen, editingnya dari emkavi corp. kita juga dikasih workshop gratis tentang film dan broadcast dan juga di film angkatan gw ada OSTnya (original Sound tract) selain itu kemasan yang dikasih ke angkatan gw juga keren. setiap anak mendapatkan satu pcs Box DVD spesial dia juga banyak menawarkan paket year movie yang dia kasih ke kita. kalo kalian pake jasa dia kalian akan di tawarkan berbagai macam paket pembuatan film kenangan yang standart kualitasnya setara broadcast tv dan film ini karya angkatan gw gaes ( https://www.youtube.com/watch?v=qsZMl72-3fs ) sumpah dah gak bakal kecewa deh, gw aje bolak balik nontonya hehe

    ReplyDelete
  29. Enaknya Pake Handycam Aja Ya Bang, Soalnya Lensa Kamera Digital Ane Udah Amburegul,
    Ditarik Tarik Ama Temen2 Sekelas, Mahal Pula Gantiinnya

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. yah kak, aku baru baca ini dan pengen banget nyoba, tapi sekolahku bukan sekolah yang boleh bawa barang elektronik dan guru-gurunya semua galak.. duh sayang banget..

    btw baca blog ku dong kak.. ya masih hancur banget.. livieraangel.blogspot.com :D makasih

    ReplyDelete
  32. Boleh jg nih :3. S'kali kali ketua kelas bandel dikit :3

    ReplyDelete
  33. Thanks banget,semoga berhasil deh video aku👍

    ReplyDelete
  34. kak yoyon, ntar kalo aku udh selesai bikin catatan akhir sekolahnya diliat yoo :D

    ReplyDelete
  35. IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya angka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!








    IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya angka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!



    ReplyDelete
  36. boleh di coba nih.. mumpung msih kls 10.. mksih bang sarannya..!

    ReplyDelete
  37. wahh gillaaaa..... akhirnya saya dapat tutorialnya yang bagus :v

    terima kasih banyak kak....

    ReplyDelete
  38. Puji sukur saya panjatkan kepada allah swt dan banyak terima kasih saya ucapkan kepada NYI RAWIH karna untuk pertama kalinya kami menang togel 3D.modal usaha kami sebelumnya habis semua gara-gara togel,tapi atas bantuan angka jitu nyai saya akan buka usaha saya kembali.tapi sebenarnya kami juga hampir putus asa karna persyaratan dari yang membayar maharnya terlebih dahulu sebesar Rp 1 juta tapi kami berusaha pinjam kiri kanan untuk menyelesaikan persyaratan yang diminta sama beliau dan akhirnya Puji tuhan terimah kasih NYI RAWIH atas nomor yang NYI RAWIH kasih kesaya ini yang pertama saya dapat angka jitu dari NYI RAWIH dan tembus langsung 3D dan allhamdulillah saya dapat Rp 110 juta,bagi teman-teman yang punya masalah keuangan ingin menang melalui angka jitu NYI RAWIH silahkan hubungi NYI RAWIH di nomor,( 0853-7778-3434).sebenarnya kami sering main PARA NORMAL di internet,baru kali ini ada yang kasi nomor jitu yang tembus, yaitu NYI RAWIH,saya jamin 100% tembus karena kami sudah buktikan sendiri,silahkan teman-teman buktikan juga sendiri
    Dan bukan cumah togel yg nyai bisa terawan tapi nyai juga menyelesaikan banyak masala seperti berikut
    MASALAH ASMARA ATAU SELALU GAGAL DALAM PERCINTAAN
    INGIN MEMPERLANCAR PEKERJAAN
    CARI JODOH
    KETAKNYA PERSAINGAN BISNIS
    INGIN DIHARGAI ORANG ATAU MENJADI ORANG PENTING
    INGIN SEWAH TUYUL
    MENGADAKAN UANG ATAU UANG BALIK
    INGING MENPERINDAH DIRI DNG SUSUK JRM EMAS BERLIAN
    SILAKAN BERGABUNG DENGAN NYI RAWIH DI NMR 0853 7778 3434 TERIMA KASIH.

    ReplyDelete
  39. Thankkss yoo kaa! bakall aku ikutin tips2nya. sayangnya baru tau tutor dari kaka sekrang, pdhl pengennya pas kelas 7 dibikin yearr movie. soalnya temnnya asik2 whahaha. THANKSS YA KAKK

    ReplyDelete
  40. Ketik keyword di google. Muncul blog (AULION), *mikir* *Aulion?* *2014* *waaaaw* (scroll scroll scroll) hmm bang yoyon, daebak!

    ReplyDelete
  41. i will try this😍...... bismillah

    ReplyDelete
  42. Sarannya keren keren bakalan dioba nihh, makasih yaa..
    salam kenal dari waspada expost smansa long ikis guys!

    ReplyDelete
  43. Haha, liat saran agan ..
    Keren, cuman ada kurang nya sikit gan..

    Eh iya, gue juga pernah buat, waktu jadi santri kmren.. Baru lulus , graduate 2017..
    https://youtu.be/Ff5NAoF3Rhs

    ReplyDelete
  44. keren bgt kak yoyon selalu jadi panutan dr aku sd yg skrg udh mau lulus sma🤩🤩

    ReplyDelete

Thank you temen-temen udah baca! Sekarang giliran kamu untuk komen, promosi blog, atau bahkan sharing pengalaman! inget, komennya yang sopan ya :D

 

.

.

.

.

.

.

// ASK // PROJECT// BUSINESS INQUIRIES

Name

Email *

Message *